Petai pohon petai berbuah lebat

7:00:03 Petai, pete atau mlanding (Parkia speciosa) mrpkn pohon thnn tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini trsbr luas di Nusantara bgn brt. Bijinya, yang dsbt "petai"juga, diknsms ketika masih muda, baik sgr maupun direbus.

Tumbuhan petai menahun, tngg dapat mncp 20m & kurang bercabang. Daunnya majemuk, trssn sjjr. Bungamajemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dkt ujung ranting. Buahnya besar, mmnjng, bertipe buah polong. Dr satu bongkol bisa ditmkn sampai belasan buah. Dalam satu buah trdpt hingga 20 biji, yang berwarna hijau ktk muda dan terbalut oleh selaput agak tbl brwrn coklat terang. Buah petai akan mengerin jika matang dan mlpskn biji-bijinya.

Bj petai, yg berbau khas & agak mirip dengan jengkol, diknsms segar mpn dijdkn bahan campuran sjmlh menu. Sambal goreng hati tdk lngkp tnp petai. Sambal petai juga mrpkn menu dg petai.

Morfologi Petai

• Tumbuhan ini berbentuk tumbuhan dengan tingginya mncp 5-25 m & bercabang bnyk, kulit btng berwarna coklat kemerahan- merahan, daunnya menyirip ganda, bunganya ditumbuhi benang-benang sari dan putik berwarna kuning & brbntk bongkol.

Ada 2 Jenis Petai

Tanaman petai jenis gajah, yaitu tumbuhan petai yg setiap buahnya bisa berisi petai sebanyak 15-18 biji & panjang buahnya mencapai 25-30 centimeter. Pohon petai spesies kacang, yaitu pohon petai yang setiap buahnya mengandung 10-12 bj & panjang buahnya hny sekitar 20 centimeter.

Syarat Tumbuh

•Lokasi : Tanaman petai tumbuh baik di daerah drtn rndh smp dengan daerah pegunungan dg ketinggian 1.500 mdpl.

•Tanah : dapat tmbh baik di daerah yg tanahnya bertkstr halus dengan Ph antr 5,5 sampai 6,5.

•Iklim : Tanaman petai tmbh baik di daerah yang memiliki tipe iklim basah & tipe iklim agak basah.

•Lingkungan : dapat tmbh baik di tempat yg terbuka karena tanaman petai sngt membutuhkan sinar matahari sepanjang hari.

Potensi Produksi

•Tumbuhan petai yg syarat-syaratnya terpenuhi dapat berproduksi (berbuah) pd umur 4 tahun.

•Sjk pnyrbkn buah petai sampai siap dipetik membutuhkan waktu slm 3-4 bulan.

•Pohon petai yang tmbhnya baik akan menghasilkan 4.000-5.000 polong buah petai pertahun.

Manfaat

Mnrt Dr. Aminuddin AHK dari Departement of Physiologi Medical Faculty of Universitas Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur bahwa petai bisa dgnkn sebagai obat : Anemia, Stress, Sindroma pramenstruasi, Depresi, Sakit perut, Cacingan & beberapa gnggn kesehatan lainnya.

Penyebab Bau

PnybbPenyebab biji petai bauadalah kndngn asam-asam amino yang didmns oleh asam amino yg mengandung unsur sulfur (s), ketika terdegradasi menjadi kmpnn yang lebih kecil, asam amino itu akan mnghslkn satu gas H2S (Hidrogen sulfida) yang trknl sngt bau.

Cara Menghilangkan Bau

•Mengunyah beras

•Mengunyah bubuk kopi

•Konsusmsi mentimun




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Banyumas Kab. Ngada Banjarmasin Cilegon Musi Rawas Banjarmasin Lebong Kab. Gresik Kab. Tuban Kab. Karawang Kab. Sumedang Aceh Timur Bontang Banyuasin

Dan Kec lainnya Kec. Kutowinangun Kec. Bongas Kec. Pekuncen Kec. Mandau Ngruki Kec. Binjai Timur Kec. Cilamaya Kulon Kec. Guntur Kec. Suradadi Kec. Nyalindung Kec. Ciracas Kec. Dukupuntang Kec. Alang-Alang Lebar Kec. Jatirogo Kec. Tebo Ilir Kec. Biring Bulu Kec. Tanjung Kec. Kluet Utara Kec. Junrejo Kec. Unterwiris

Tag Petai pohon petai berbuah lebat

Tag search: pohon petai berbuah lebat Petai


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Petai pohon petai berbuah lebat adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Petai pohon petai berbuah lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit