Tin | buah tin noire de caromb

Tin | buah tin noire de caromb

 

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah semacam tumbuhan penghasil buah-buahan yg dapat dimkn yang berasal drAsia Barat. Buahnya bernama sama. Nm "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga diknl dengan nm "Ara" (buah ara / pohon ara) sdngkn dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari genus yg sama, yaitu Ficus.

Pemerian

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Skrng dibddykn pula di Australia,CileArgentina, srt Amerika Serikat.

Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10meter dengan batang lunak brwrn abu-abu. Daunnya cukup bsr dan berlekuk dlm, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak kelihatan krn terlindung oleh dasar bunga yang menutup shngg dikira buah. Penyerbukan dilkkn oleh sejns tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki varietas Ficus lainnya.

Yang disebut buahsebetulnya adl dasar bunga yang mmbntk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran pnjng tiga hngg 5 cm, brwrn hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jk matang. Getah yg diklrkn pohon ini dpt mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dpt dimkn segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik hrs sgr dimnftkn krn tidak dpt dismpn lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sbg syrn.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Tanaman ara mrpkn tanaman ketiga yg disebutkan di Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, setelah "pohon kehidupan" dan "tumbuhan pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat".[1] Adam & Hawa menyemat daun pohon ara & membuat cawat untuk menutupi tubuh mereka setelah mereka tahu, bhw mereka telanjang.[2]

Buah ara juga trmsk dftr mknn yang ditemukan dlm Tanah Perjanjian menurut Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mengutuk sebuah pohon ara karena tidak menghasilkan buah (Markus 11:12–14).

Islam

Tanaman tin adalah slh satu dr dua pohon yang disebutmnftnya baik dlm Islam. Di Al Qur'an, salah satu surat dsbt dengan nmini (QS Surah At-Tinayat 1) krn Allah berjanji atas nama buah/tanaman ini.

 

2019-03-13 6:10:12 * 2019-03-13 04:25:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin | buah tin noire de caromb adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin | buah tin noire de caromb"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit