Vanili tanaman vanili di indonesia

5:45:04 Vanili (Vanilla planifolia) adl tanaman penghasil bubuk vanili yg biasa dijdkn pengharum makanan. Bubuk ini dihslkn dari buahnya yang brbntk polong.

Tmbuhan vanili dikenal prtm kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman trsbt. Nm daerah drI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili
Batang tumbuhan vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas & berbuku. Panjang rata-rata 15 centimeter. Tanaman melekat pd pohon atau tonggak yang tlh disdkn.

Daun vanili mrpkn daun tunggal. Ltknya berslng-slng pada masing-masing buku. Wrnnya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lbr 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk stlh daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun msh muda tdk jls klhtn.

Rngkn bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dr 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bntk bunganya duduk, brwrn hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 centimeter & berbau agak harum.

Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang trltk dalam dua lingkaran. Daun bunga bgn luar (sepal) sdkt lbh besar daripada bagian dlm petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, mngglng seperti corong yg dsbt bibir (rostelum).

Reproduksi
Di Meksiko tumbuhan vanili dapat berbuah karena ada serangga yg membantu penyerbukannya.

Putik pada bunga vanili trttp oleh bibir, sehingga pnyrbkn scr alamiah terhalang, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lebih tinggi drpd kepala putik. Keistimewaan dari bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diltkkn disn akan segera menempel dan trjdlah pembuahan.

Bunga vanili yang [tlh|telah} mekar hanya dapat berthn satu hari. Jika bunga yang telah mekar itu tdk sgr dikawinkan, akan layu & kmdn rontok. Oleh sbb itu harusssrng keliling kebun untk mngntrl perkembangan vanili.

Saat yg baik untk mengawinkan bunga vanili adalahpd pagi hari. Hari-hari basah dan kering skl tdk baik untk penyerbukan. Brhsl atau tdknya penyerbukan akan tmpk stlh dua atau tiga hari. Bunga yang brhsll diserbuki akan berubah wrnya mnjd lebih pucat. Enam buah daun bunganya akan layu ttp tangkai bunganya ttp menempel pada tandan bunga. Bunga yang tidak berhasil diserbuki akan gugur. Setelah trjd pembuahan antr 10-15 buah, bunga pd tandan yang masih kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat mknn yg dihisap oleh tumbuhan diakumulasikan pada pembentukan & pembesaran buah.

Pd waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 centimeter dg garis tengah 5 millimeter. Satu minggu stlh penyerbukan bakal buah itu dapat mncp pnjng 8-10 cm. Lima minggu kemudian buah telah mncp pnjng maksimal 20-25 centimeter, dengan garis tengah 1,5 centimeter. Stlh buah mencapai perkembangan yang mksml, lima atau enam bln kemudian buah akan masak.

Warna buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dg garis-garis kuning mnjlng matang. Buah yang telah masak brwrn coklat tua. Jika dibiarkan matang di pohon, buah akan pch menjadi dua bagian, dan mybrkn aroma vanili. buah kecil-kecil, bnyk skl jumlahnya, brwrn hitam & berukuran kira-kira 0,2 mm.




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Kupang Humbang Hasundutan Jakarta Pusat Maluku Tengah Toba Samosir Jakarta Pusat Tanah Datar Kab. Kendal Lampung Utara Ogan Komering Ulu Timur Belitung Timur Gunung Mas Hulu Sungai Selatan Banggai Kepulauan

Dan Kec lainnya Kec. Teluk Mengkudu Kec. Padang Sidimpuan Utara Kec. Plumpang Kec. Dringu Kec. Ngraho Kec. Tomini Kec. Kampung Laut Kec. Ngoro Cikarang Selatan Kec. Lembur Situ Kec. Pagaden Barat Kec. Tanjunganom Kec. Jawa Maraja Bah Jambi Kec. Bawang Kec. Bangun Purba Kec. Ciganda Mekar Kec. Pasongsongan Kec. Dampit Kec. Diwek Kec. Fak Fak Tengah

Tag Vanili tanaman vanili di indonesia

Tag search: tanaman vanili di indonesia Vanili .. Video results for vanili tanaman vanilli di indonesia Budidaya Tanaman Vanili SEJARAH VANILI INDONESIA Petani Bisa Kaya 5 MilyarHa dari Tanaman Vanili Harga vanili kering per kg nya bisa sampai 5 juta lebih More videos Vanili Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas idwikipediaorgwikiVanili Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orangorang Indian di Meksiko negara asal tanaman tersebut Nama daerah dari vanili adalah Panili atau Perneli Budidaya Tanaman Vanili YouTube 18 Okt 2018 para petani jember kini mulai melirik budidaya tanaman vanili pasalnya tanaman ini mudah ditanam dan tumbuh di tanah seperti di k Vanili Indonesia YouTube 20 Okt 2018 Budidaya Vanili di dalam greenhouse hub pak super Syarat Tumbuh Vanili Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia paktanidigitalcomartikelsyarattumbuhvanili 4 Ags 2019 Tanaman vanili Vanilla planifolia termasuk spesies dari Orchidaceae anggrekangrekan Tanaman ini marak dibudidayakan di Indonesia Gurihnya Bisnis Tanaman Vanili di Indonesia TIMES Indonesia 3 Ags 2019 Gurihnya Bisnis Tanaman Vanili di Indonesia Ketua Jogja Business Class Arif Damar Jati saat membuka woskshop bisnis tanaman vanili Saat Tepat Tanam Vanili Majalah Pertanian Majalah Trubus 12 Mar 2018 Menurut eksportir vanili di Jakarta John S Tumiwa vanili Indonesia Tanaman vanili berbunga perdana pada umur 2 tahun setelah tanam Vanili Indonesia.


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili tanaman vanili di indonesia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili tanaman vanili di indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit