Mangga mangga jawa

18:15:03 Mangga atau mempelam adl nm sjns buah, demikian pula nm pohonnya. Mangga termasuk ke dlm marga Mangifera, yg trdr dr 35-40 anggota & suku Anacardiaceae. nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.nama ini kira-kira mngndng arti: “(pohon) yg berbuah mangga, berasal dr India”.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tngkt tinggi yang struktur batangnya (habitus) trmsk klmpk arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi btnglebih dr 5 meter. Mangga bisa mncp tinggi antara 10 hngg 40m..
nm "mangga" berasal dari bhs Malayalam maanga. Kata ini dbw ke Eropa oleh orang-orang Portugis & diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.

Berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekrng-kurangnya smnjk 1500 tahun yg silam. Buah ini dikenal pula dlm brbg bhs daerah, sprt pelem ataupoh (Jw.).
Pemeliharaan
Pohon mangga berperawakan bsr, dpt mncp tinggi 40 meter atau lebih, meski kbnykn mangga peliharaan hny sktr 10 m atau krng. Batang mangga tegak, bercabang agak kuat; dg daun-daun lebatmembentuk tajuk yg indah brbntk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter sampai 10 meter. Kulit batangnya tbl & kasar dengan bnyk celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yang sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua sampai hamper hitam.
Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sngt panjang hngg bisa mencapai 6 meter. Akar cabang mkn ke bawah smkn sdkt, paling banyak akar cabang pd kedlmn lbh kurang 30–60 centimeter.
Daun tunggal, dg ltk tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dari 1,25-12,5 centimeter, bagian pangkalnya membesar & pd sisi sblh atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8, ttp mkn mendekati ujung, letaknya mkn berdekatan shngg tampaknya bsr dalam lingkaran (roset).

Helai daun bervariasi namun kebnykan berbentuk jorong sampai lanset, 2-10 × 8–40 cm, agak liat seperti kulit, hijau tua berkilap, berpangkal melancip dg tepi daun bergelombang dan ujung meluncip, dg 12-30 tulang daun sekunder. Beberapa variasi bentuk daun mangga:

• Lonjong dan ujungnya sprt mata tombak.
• Berbentuk bulat telur, ujungnya runcing sepertimata tombak.
• Berbentuk segi empat, ttp ujungnya runcing.
• Berbentuk segi empat, ujungnya membulat.

Daun yg msh muda biasanya bewarna kemerahan, keunguan atau kekuningan; yg di kmdn hari akan berubah pada bagian permukaan sblh atas [mnjd hijau mengkilat, sedangkan bgn permukaan bwh berwarna hijau muda. Umur daun bisa mencapai 1 tahun atau lbh.
Bunga

Berumah satu (monoecious), bunga mangga mrpkn bunga majemuk yg berkarang dlm malai bercabang banyak di ujung ranting. Karangan bunga biasanya berbulu, tetapi sebagian ada jg yg gundul, kuning kehijauan, sampai 40 centimeter panjangnya. Bunga majemuk ini terdiri dari sumbu utama yg memiliki bnyk cabang utama. Setiap cabang utama ini mempunyai banyak cabang-cabang, yakni cabang kedua. Ada kemungkinancabang bunga kedua ini mempunyai suatu klmpk yg terdiri dr 3 bunga atau memiliki cabang tiga. Setiap kelompok tiga bunga terdiri dari tiga kuntum bunga & setiap kuntum bertangkai pendek dg daun kecil. Jumlah bunga pada setiap bunga majemuk bs mncp 1000-6000.
Bunga-bunga dalam karangan berkelamin campuran, ada yg jantan dan ada pula yg hermafrodit (berkelamin dua). Besarnya bunga lebih kurang 6–8 millimeter. Bunga jantan lbh bnyk daripd bunga hermafrodit, & jmlh bunga hermafrodit inilah yang menentukan terbentuknya buah. Persentase bunga hermafrodit bermacam-macam, tergantung dr jenisnya, yaitu antara 1,25%-77,9%; sementara yg mempunyai bakal buah normal kira-kira 5-10%.
Bunga mangga biasanya bertangkai pende, jarang sekali yang bertangkai panjang, & berbau wangi. Kelopak bunga biasanya bertaju 5; dmkn juga mahkota bunga terdiri dari 5 daun bunga, tetapi kadang-kadang ada yg 4 smp 8. Warnanya kuning pucat, sedangkan pada bgn tengahterdapat garis timbul berjumlah 3 smp 5 yang warnanya sedikit tua. bgn tepi daun mahkota berwarna putih. pada waktu akan layu, warna mahkota bunga tadi menjadi kemerahan.
Benang sari berjmlh 5 buah, ttp yg subur hanya satu atau dua buah sedangakan yang lainnya steril. Benang sari yang subur biasanya hmpr sama pnjng dengan putik, yakni kira-kira 2 mm, sedangakan yg steril lebih pendek. Kepala putik berwarna kemerah-merahan & akan berubah warna mnjd ungu pd waktu kepala sari membuka untuk mmbr kesempatankepada tepung sari yang telah dewasa untuk menyerbuki kepala putik. Bentuk tepung sari biasanya bulat panjang, lbh kurang 20-35 mikron.

Bakal buahnya tdk bertangkai dan terdpt dalam suatu ruangan, srt terletak pada suatu piringan. Tangkai putik mulai dari tepi bakal buah dan ujungnya terdapat kepala putik yang bentuknya sdrhn. dalam suatu bunga kkadang-kadangterdpt tiga bakal buah.
Buah

Buah mangga trmsk klmpk buah batu (drupa) yg berdaging, dengan ukuran dan bentuk yg sangat berubah-ubah bergantung pd macamnya, mulai dr bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5–30 cm. pd bagian ujung buah, ada bgn yang runcing yang disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yg membengkok yg dsbt sinus, yang dilnjtkn ke bgn perut.
Kulit buah agak tbl berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila matang. Daging buah jika matang berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tdk, manis sampai masam dg banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yg tebal, mengayu & berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yg monoembrional dan ada pula yg poliembrional.
Kandungan Gizi Buah Mangga
Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g(3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yang relatif ke US saran untk org dewasa.[1]

Hasil & kegunaan
Mangga terutm ditnm untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dg cabai. Buah mangga uga diolah sebagaimanisan, irisan buah kering, dikalengkan & lain-lain. Di berbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan & daging.
Biji mangga dapat dijdkn pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijdkn bhn pangan pada masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras & mdh dikrjkn; namun krng awet untuk penggunaan di luar. Kayu ini juga dpt dijadikan arang yang baik.
Daun mangga mengandung senyawa organik tarakserol-3beta dan ekstrak etil asetat yang bersinergis dengan insulinmengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia.[2]
Mangga terutama dihasilkan oleh negara-negara India, Tiongkok, Meksiko, Thailand, Pakistan, Indonesia, Brasil,Filipina, & Bangladesh. Total produksi dunia pada tahun ‘80an sekitar 15 juta ton, nmn hanya sktr 90.000 ton (1985) yang diperdagangkan di tingkat dunia. Artinya, sebagian besar mangga dikonsumsi scr lokal.
Smntritu pasar utama mangga adalah Asia Tenggara, Eropa, Amerika Serikat & Jepang. Singapura, Hong Kong& Jepang mrpkn pengimpor ygterbsr di Asia.
Mangga memiliki nilai-nilai kultural yg tinggi, khususnya di pelbagai negara di Asia bgn selatan. Di Filipina, buah ini merupakan simbol nasional. dlm kitab suci Weda agama Hindu, mangga dianggap sebagai “hidangan para dewa”. Daun-daun mangga kerap digunakan secara ritual dlm dekorasi upacara perkawinan atau keagamaan Hindu.
Jenis yang berkerabat
Mangga sekerabat dengan bacang (M. foetida), kemang (M. kemanga), kuweni (M. odorata), kasturi dan banyak lagi. Daftar kerabat mangga selengkapnya dpt dilihat pd uraian mengenai marga Mangifera.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Bengkayang Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Pangkajene dan Kepulauan Kab. Kebumen Kota Magelang Pangkajene dan Kepulauan Kab. Bandung Simalungun Kab. Cilacap Tambrauw Batam Kab. Kebumen Waropen Mamasa

Dan Kec lainnya Kec. Cikembar Kec. Situjuan Lamo Nagari Kec. Mapat Tunggul Selatan Kec. Bukit Lestari Kec. Tarutung Kec. Jatinegara Kec. Padarincang Kec. Kejayan Kec. 2 x 11 Kayu Tanam Kec. Sukabumi Kec. Malingping Kec. Tanjung Senang Kec. Singaparna Kec. Tumpang Kec. Tanah Alas Kec. Tanjung Sari Kec. Palu Utara Kec. Kalianget Kec. Kedung Banteng Kec. Cikajang

Tag Mangga mangga jawa

Tag search: mangga jawa Mangga .. Wikipedia Banyumasan mapbmswikipediaorgwikiKacaUtama Mangga nglengkapi Wikipdia Basa Banyumasan sedulur kabh olih nambah mesjid iki digawe karo perpaduan antara arsitektur Jawa lan Wetan Tengah Mangga Gedong Gincu Si Manis dari Jawa Barat Pesona Indonesia pesonatravelkeajaiban5956manggagedonggincusimanisdarijawabarat Selain keindahan alamnya yang tak perlu diragukan lagi Jawa Barat juga terkenal dengan Mangga Gedong Gincu buah segar unggulan dengan rasa yang Mangga Gedong Gincu Jawa Barat Ditargetkan Tembus Jepang bisnistempocoread1144484manggagedonggincujawabaratditargetkantembusjepang 9 Nov 2018 Jawa Barat menawarkan skema inti plasma untuk komoditas mangga gedong gincu dan manggis pada investor Jepang 7 Jenis Mangga Paling Enak di Indonesia Rasa Manisnya 16 Mar 2019 Bercita rasa manis jenis mangga ini disukai banyak orang Mangga Jawa Timur Makin Laris di Pasar Singapura NiagaAsia 7 Sep 2019 ASIA Kementerian Pertanian Kementan melalui Badan Karantina Pertanian Barantan kembali melepas 6 ton mangga harumanis asal Jawa Luar Biasa Jawa Timur Lepas 291 Ton Mangga ke Pasar Dunia radarmalangidluarbiasajawatimurlepas291tonmanggakepasardunia 15 Nov 2019 jpnncom PASURUAN Sebanyak 2915 ton buah Mangga asal Jawa Timur berhasil menembus pasar ekspor 9 negara besar di Asia Eropa Berkah Musim Kemarau Panen Mangga Alpukat di Pasuruan newsdetikcomberitajawatimurd4707390berkahmusimkemaraupanenmanggaalpukatdipasuruanmelimpah 15 Sep 2019 Pasuruan Petani mangga gadung di Pasuruan mulai memanen kebunnya Tahun ini panen mangga melimpah Khususnya mangga alpukat Yang Kuning Atau Jingga Sama Manisnya Musim mangga kembali indonesiagoidragamkomoditasekonomiyangkuningataujinggasamamanisnya 31 Okt 2019 Pohon mangga ditanam dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote Namun sentra produksinya ada di Jawa Barat Jawa 9 Jenis Mangga yang Paling Enak Makan Satu Buah Mana Cukup 9 Mar 2019 Informasi mengenai jenis mangga paling enak dan lezat dari berbagai macam negara yang tentunya bisa kamu cicipi Kirakira apa ajah ya .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mangga mangga jawa adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mangga mangga jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit