Kurma (pohon) | pohon kurma baisan 2018

Kurma (pohon) | pohon kurma baisan 2018





Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma baisan 2018 di Jakarta Barat, Kab. Bangkalan, Puncak, Kota Bandung, Balangan, Puncak, Palopo, Tebing Tinggi, Kutai Kartanegara, Karo, Serdang Bedagai, Kota Bekasi, Kota Probolinggo, Kab. Pamekasan,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma baisan 2018 di Kec. Tingkir, Kec. Pancung Soal, Kec. Bener, Kec. Sidamanik, Kec. Lebakbarang, Kec. Babul Makmur, Kec. Karangrejo, Kec. Tirto Yudo, Kec. Pamekasan, Kec. Reban, Kec. Sleman, Kec. Wirobrajan, Kec. Haranggaol Horisan, Kec. Mayong, Kec. Senapelan, Kec. Blubur Limbangan, Kec. Sukaresmi, Kec. Ngluwar, Kec. Sagulung, Kec. Malalayang

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Walaupun tmpt asalnya tdk diketahui karena tlh sjk lama dibddykn, kemungkinan tumbuhan ini berasal dr tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sktr 15-25 meter, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pd sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan pnjng 30 cm dan lebar 2 centimeter . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dr 6-10 meter.

Etimologi
Nm jenis dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dari kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia & telah dibudidayakan sjk zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untk dibuat mnjd anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pd thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diprknlkn di Mexico & California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada thn 1765.

Buah
Buah yg dihslkn oleh tumbuhan kurma diknl sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg pnjng 3-7 cm , berdiameter 2-3 cm danktk msh muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jnsnya. Kurma memiliki biji tunggal yg ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma dikelompokan mnjd tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Spesies buah ini trgntng pada kandungan glukosa, fruktosa & sukrosa.
Tanaman kurma merupakan tanaman spesies dioecious, yaitu mempunyai tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka bisa tmbh dengan mudah dr bakal biji, tetapi hny 50% pohon betina yg ditnm scr pembibitan akan berbuah, & mnghslkn buah yg kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn mnggnkn perkembangbiakan stek pada pohon, terutama pada kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yang banyak serta buah yang manis dan besar. Tanaman yg tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lbh awal daripada tumbuhan yg mnggnkn bibit.
Pembuahan dg serbuk sari pd tumbuhan kurma dilkkn scr alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pd tumbuhan jantan dan betina, dapat terjadi dengan jmlh yang sama antr kedua tumbuhan. Nmn, bila dilkkn dengan bantuan, satu tanaman jantan bisa menyerbuki hngg 100 pohon betina. Tanaman jantan yang mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan smbr daya mereka untk memproduksi lbh bnyk buah pd tanaman betina.

Beberapa petani bahkan tdk memelihara tumbuhan jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pekerja trmpl dg mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah seperti Irak, para pekerja mmnjt tumbuhan dg menggunakan alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya ttp mlkt pd bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari bisa ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma matang dbg mnjd empat golongan, yg mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 gram kurma segar bisa mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] & energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg trkndng dalam kurma relatif sedikit & hal ini tdk menjadikannya jauh lbh pekat pd saat proses pngrngn berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn tumbuhan tradisional yang pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona dan bgn selatan Florida.

Tanaman kurma dapat berbuah setelah ditnm selama 4 sampai 7 tahun & bisa dipanen ktk tlh berusia 7 smp 10 thn. Tanaman kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yang berkualitas untuk bisa dipsrkn, tandan kurma harus ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dari tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tumbuhan mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yang paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yang sangat baik untk diet kalium. Kandungan gula pada kurma yg telah masak sekitar 80%; sisanya trdr dr protein, serat, & elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tanaman kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yang diknl sbg jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dari pnydpn pohon palma diknl sbg lagbi. Jika dibiarkan untk jangka wkt yang cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pada suhu) lagbi dengan mudah dapat mnjd minuman beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tdk mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada termasuk UNESCO dilindungi Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan trbngks pada daging babi asap & shallow goreng.

Itu juga dignkn untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma tersebut direndam dr bawah ke atas untk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untuk dgnkn dlm bentuk sabun dan kosmetik. Mereka jg dapat diolah scr kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibakar untk membuat arang oleh pandai perak dan bisa dirangkai mnjd kalung. Bj kurma juga tanah dan digunakan pd olahan biji kopi atau sbg bahan tambahan untuk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli bisa digunakan sebagai sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dari buah yang masak dgnkn sebagai pelapis untk tas kulit & pipa untk mencegah kebocoran.

Getah pohon kurma bisa dgnkn untk membuat sirup &berbagai produk dapat dimakan berasal dr sirup.

Daun tumbuhan kurma digunakan untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yang diolah dapat digunakan sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang merupakan sumber ampas selulosa bisa dijadikan sbg tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yang berharga mnglrkn aroma srt seratnya juga bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sbg lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untk tiang & langit-langit pd pondok, karena lbh ringan dr kelapa & tdk bgt tahan lama. Kayu jg dgnkn untk konstruksi seperti jembatan dan saluran air, & bagian dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bahan bakar.

Dimana tradisi kerajinan masih brkmbng, sprt di Oman, pohon palem adl yg paling serba guna dr semua tumbuhan asli, dan hmpr setiap bagian dr tanaman digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untk sarang, perahunelayan, & tempat tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma mempunyai kndngn tannin yang tinggi dan secara medis dgnkn sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pd usus yg bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sejumlah keluhan lainnya dalam bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mngtkn bahwa kurma bisa mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji jg dgnkn dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang tanaman, di India, digunakan untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan mlwn sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-04-02 4:43:01 * 2019-04-02 04:41:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma baisan 2018 adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma baisan 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit