Mahoni | pohon mahoni besar

Mahoni | pohon mahoni besar

 

Mahoni adalah anggt suku Meliaceae yg mencakup 50 genera dan 550 jenis pohon kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tumbuhan besar dg tinggi tanaman mncp 35–40 meter dan diameter mncp 125 centimeter.[2] Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang brwrn abu-abu dan  halus ketika masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur &  mengelupas setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Bj pipih, wrnnya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt ditemukan tmbh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yang dkt dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sbg pohon plndng.[5] Tumbuhan yg asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh sbr bila tumbuh di pasir payau dkt dg pantai.[6]

Manfaat

Tumbuhan mahoni dapat mengurangi polusi udara sktr 47% - 69% shngg disebut sebagai tanaman plndng sklgs filter udara dan  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sekitarnya. Sblknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar.[7] Ktk hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yang jatuh, shngg mnjd cdngn air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilprkn bisa melancarkan peredaran darah shngg para pndrt penyakit yg menyebabkan trsmbtny aliran darah disarankan mmk buah ini sbg obat, mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt brtndk sbg antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mngrng lemak di badan, mmbnt mngktkn sistem kkbln, mencegah pembekuan darah, serta mngtkn fungsi hati &  mmprlmbt proses pmbkn darah[9]. Sifat Mahoni yang dapat bertahan hdp di tanah gersang menjadikan pohon ini sesuai ditnm di tepi jln. Bg pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah pohon yg baru, karena sjk zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Pohon Asam, sdh banyak ditnm di pinggir jln sbg pndh terutama di spnjng jalan yang dibangun olehDaendels antara Anyer smp Panarukan. Sjk 20 tahun terakhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya mempunyai nilai ekonomis yang ckp tinggi. Kualitas kayunya keras dan  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan  kerajinan tangan. Srng juga dibuat penggaris krn sifatnya yg tidak mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sdkt dibwh kayu jati sehingga sering dijuluki sbg primadona kedua untk mwrn pakaian. Kain yang direbus brsm kulit mahoni akan menjadi kuning &  tdk mdh lntr.Sdngkn getah mahoni yg dsbt juga blendok dapat diprgnkn sebagai bahan baku lem, &  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji tanaman mahoni jg bs dgnkn sebagai pestisida nabati untk mengendalikan hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn salah satu alternatif pngndln yang brtjn untk mengurangi dampak negatif akbt penggunaan insektisida sintetik yang tidak bjksn.

 

2019-03-08 1:55:12 * 2019-03-08 01:46:05

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | pohon mahoni besar adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | pohon mahoni besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit