Kurma (pohon) | pohon kurma tunisia

Kurma (pohon) | pohon kurma tunisia



GoRiau Video: Subhanallah, Pohon Kurma Tunisia Berbuah di goriau video subhanallah pohon kurma tunisia berbuah di halaman masjid nurul iman pekanbaru htmlCache12 Jun 2016 Pak Husein memperlihatkan pohon kurma berbuah (Video: Chairul Hadi) Gara gara sekotak Kurma Tunisia yang dibelinya di supermarket,  Gambar untuk Kurma (pohon) + pohon kurma tunisiaJual bibit pohon kurma tunisia Surya Rejeki Electro 84 | Tokopedia tokopedia electro84 bibit pohon kurma tunisiaCache  Skor: 5   3 suaraJual bibit pohon kurma tunisia ,Bibit Pohon Kurma dengan harga Rp 80 000 dari toko online Surya Rejeki Electro 84, Kota Tangerang Selatan Cari product  Jual Bibit Pohon Kurma Tunisia di lapak Distributor ABE Bogor bukalapak tanaman b54qkg jual bibit pohon kurma tunisiaCacheBibit Pohon Kurma umur minimum 12 bulan, berdaun 4 helai, dibibitkan dari biji kurma Tunisia, siap untuk ditanam di kebun atau menjadi tanaman hias di  Kurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripPohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah Di Tunisia, kurma ini tumbuh di pedalaman oasis dan diutamakan untuk diekspor Pohon Kurma Tunisia dan Ajwa Tumbuh di Argowisata Jawaunik soloraya solopos pohon kurma tunisia dan ajwa tumbuh di argowisata jawaunik klatenCache23 Mei 2018 Salah satu tanaman unik di Agrowisata Jawaunik Klaten adalah kurma Siapa sangka, tanaman palma dalam genus Phoenix ini rupanya bisa  Bibit Pohon Kurma Tunisia Beranda | Facebook id id facebook Bibit Pohon Kurma Tunisia 1604692969771971 Bibit Pohon Kurma Tunisia 1 099 suka menjual bibit pohon kurma tunisia Perkebunan Kurma di Tunisia YouTube► 9:15 youtube watch?v=zLLRR6JqRaY3 Ags 2017 9 menit Diupload oleh ndan ndixPerkebunan Perkebunan Kurma Di Tunisia Petani Gaza Panen Raya Buah Kurma JUAL bibit kurma ajwa & tunisia | inkuiri inkuiri tanaman agel alatas 151 bibit kurma ajwa tunisia 5f1bf7506ee8a0e36566d9ef3d162bcca4ce7ec6 idCacheUntuk menambah koleksi dan memperbanyak jenis tanaman anda, kini kami hadir di Kota SemarangBIBIT POHON KURMA1 KURMA AJWA > Usia bibit 1  Kebun Kurma Kini Hijaukan Aceh, Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik kebun kurma kini hijaukan aceh siap panen mei 2018Cache14 Mar 2018 Aceh Mahdi Muhammad (54) berjalan pelan menyusuri perkebunan seluas 18 hektare yang sudah ditanami 2 000 pohon kurma Sesekali, ia 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di DI Yogyakarta, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatera Barat, Gorontalo

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma tunisia di Tomohon, Kab. Sumba Timur, Ogan Komering Ulu Timur, Yahukimo, Parepare, Ogan Komering Ulu Timur, Kab. Indramayu, Aceh Singkil, Jayawijaya, Kab. Rembang, Kab. Klaten, Kab. Belu, Lebak, Kab. Ketapang,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma tunisia di Kec. Mandiraja, Kec. Kuta Malaka, Kec. Cisarua, Kec. Tanjung Karang Timur, Kec. Pamotan, Kec. Kota Pinang, Kec. Babakan Ciparay, Kec. Pitumpanua, Kec. Bontomarannu, Kec. Kramatmulya, Kec. Lelea, Kec. Siantar Timur, Kec. Sei Lepan, Kec. Pengadegan, Kec. Gabuswetan, Kec. Takeran, Kec. Ngemplak, Kec. Kuala Kencana, Kec. Tanggungharjo, Kec. Bojong

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah pohon palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya dapatdimakan. Walaupun tempat asalnya tidak dikth karena telah sjk lama dibudidayakan, kmngkn tanaman ini berasal dari tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tinggi sktr 15-25 meter, tumbuh scr tunggal atau mmbntk rumpun pd sejumlah batang dr sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pd tangkai daun, menyirip & memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg pnjng 30 centimeter dan lebar 2 cm . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

Etimologi
Nama jenis dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh menjadi makanan pokok di Timur Tengah slm ribuan tahun lamanya. Tumbuhan Kurma diyakini berasal dr sekitar Teluk Persia & telah dibddykn sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disktr Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada thn 1765.

Buah
Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter danktk masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, trgntng dari jenisnya. Kurma mempunyai bj tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma dikelompokan mnjd tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Varietas buah ini tergantung pada kndngn glukosa, fruktosa & sukrosa.
Pohon kurma merupakan tanaman varietas dioecious, yaitu mempunyai tumbuhan jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka dapat tumbuh dengan mdh dr bakal bj, tetapi hanya 50% tumbuhan betina yg ditanam scr pembibitan akan berbuah, & mnghslkn buah yang kecil srt berkualitas rendah. Sbgn besar prkbnn menggunakan perkmbngbkn stek pada pohon, terutama pada kultivar 'Medjool' karena bisa menghasilkan panen yang banyak srt buah yg manis dan besar. Tumbuhan yang tmbh dr cara stek akan berbuah 2-3 tahun lbh awal drpd tanaman yang menggunakan bibit.
Pembuahan dg serbuk sari pada tanaman kurma dilkkn secara alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilakukan scr manual. Penyerbukan alami pada tumbuhan jantan dan betina, dapat trjd dg jmlh yang sama antr kedua pohon. Namun, bila dilkkn dg bantuan, satu tumbuhan jantan bisa mnyrbk hingga 100 pohon betina. Tumbuhan jantan yang mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan sumber daya mereka untk memproduksi lebih banyak buah pd pohon betina.

Bbrp petani bhkn tdk memelihara tanaman jantan, yg mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pkrj trmpl dg menggunakan bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pkrj mmnjt tanaman dg mnggnkn alat pemanjat khusus, dmn alat tersebut mengitari batang pohon & pendaki membuatnya ttp mlkt pada bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dg angin.

Kurma masak dibagi menjadi empat glngn, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 g kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tdk mnjdknnya jauh lbh pekat pada saat proses pngrngn berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma merupakan tumbuhan tradisional yang pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adalah mknn tradisional yg utama untk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat padabgn selatanCalifornia, Arizona dan bgn selatan Florida.

Tumbuhan kurma dapat berbuah stlh ditnm slm 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika tlh berusia 7 sampai 10 thn. Tanaman kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yg berkualitas untk bisa dipsrkn, tandan kurma harus ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dr tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) dan makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yg disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yang paling tersedia untk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adl sumber yg sangat baik untk diet kalium. Kndngn gula pada kurma yang telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dr protein, serat, & elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India & Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tanaman kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yg dikenal sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr penyadapan tumbuhan palma dikenal sebagai lagbi. Jika dibiarkan untuk jngk waktu yang cukup lama (biasanya berjam-jam, trgntng pada suhu) lagbi dengan mdh bisa menjadi minuman beralkohol. Ktrmpln khusus diperlukan pada saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada trmsk UNESCO dilindungi Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disjkn trbngks pd daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg dignkn untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma trsbt direndam dari bwh ke atas untuk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dlm bntk sabun dan kosmetik. Mereka juga dapat diolah secara kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirangkai mnjd kalung. Biji kurma jg tanah & dgnkn pada olahan bj kopi atau sbg bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat dgnkn sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yg terbuat dari buah yg masak dgnkn sbg plps untk tas kulit & pipa untuk mencegah kebocoran.

Getah tumbuhan kurma bisa digunakan untk membuat sirup danberbagai produk bisa dimkn berasal dr sirup.

Daun tanaman kurma dgnkn untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untuk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yang diolah dapat dgnkn sbg isolasi kardus. Tangkai daun kering yg mrpkn sumber ampas selulosa dapat dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yg brhrg mengeluarkan aroma serta seratnya juga bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sbg lulav.

Kayu kayu tanaman kurma dgnkn untuk tiang dan langit-langit pd pondok, krn lebih ringan dr kelapa dan tidak begitu thn lama. Kayu juga digunakan untuk konstruksi seperti jembatan dan saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibkr sebagai bhn bakar.

Dimana tradisi krjnn masih berkembang, sprt di Oman, pohon palem adalah yang plng srb guna dari semua tanaman asli, & hamper setiap bgn dr pohon digunakan untuk membuat barang-barang fungsional mulai dari tali dan keranjang untk sarang, perahunelayan, & tmpt tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi & secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pada usus yang brmslh.[butuh rujukan] Kurma dapat dibrkn untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sjmlh keluhan lainnya dlm bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mngtkn bahwa kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk biji juga dgnkn dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang tumbuhan, di India, dgnkn untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan mlwn sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, & memiliki efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-23 23:52:14 * 2019-03-23 23:38:15

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma tunisia adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma tunisia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit