Kurma (pohon) | filosofi pohon kurma

Kurma (pohon) | filosofi pohon kurma



Falsafah pohon Kurma | Inspiring points hdmessa wordpress 2016 06 02 falsafah pohon kurma CacheMirip2 Jun 2016 Di tengah gurun pasir yg jarang ada air dan bercuaca panas, pohon kurma bisa tumbuh dan berbuah Keberadaan pohon kurma di hamparan  Hidup Yang Benar Diibaratkan Seperti Pohon Kurma oleh Adam kompasiana hidup yang benar diibaratkan seperti pohon kurmaCache25 Jun 2012 Orang Benar akan bertunas seperti pohon Kurma (Mazmur 92:13) Pernahkah terpikirkan oleh kita tentang bagaimana cara pohon kurma  Filosofi POHON KURMA YouTubeâ–º 1:01 youtube watch?v=3f_5 l9k9G012 Apr 2018 1 menit Diupload oleh Febriansyah SHIMari belajar dengan cara pertumbuhan dan perkembangan pohon kurma Belajarlah Dari Pohon Kurma YouTubeâ–º 1:02 youtube watch?v=DE00haZmPQw10 Apr 2018 1 menit Diupload oleh ALGAZA RIZKY DWI MUKTIBelajarlah Dari Pohon Kurma Jangan lupa untuk Subscribe dan share video ini Tonton Filosofi Pohon Kurma â€" Cerita Aku Untuk Dunia nyonyahafidz wordpress 2014 10 filosofi pohon kurma CacheMirip21 Okt 2014 "Ada kata kata bijak kuno yang mengatakan bahwa "orang benar akan bertunas seperti pohon kurma" Pohon kurma lazim dijumpai di Timur  Gambar untuk Kurma (pohon) + filosofi pohon kurmaJadilah Orang Tangguh Seperti Pohon Kurma Dakta dakta news 836 jadilah orang tangguh seperti pohon kurmaCache28 Apr 2015 Oleh: Ulil Albab Pohon korma lazim dijumpai di Timur Tengah Dengan kondisi tanah yang kering, gersang, tandus & kerap dihantam badai  BELAJAR HIDUP DARI FILOSOFI POHON KURMA â€" Steemit steemit belajar hidup dari filosofi pohon kurma be6104c3e418Cache15 Ags 2018 Tahukah kamu bagai mana cara orang Arab menanam pohon kurma ??? Konon katanya, mereka menanam pohon kurma dengan cara yang  My Assignment: Filosofi Hidup dari Sebuah Pohon Kurmasilvanadewi09 blogspot filosofi hidup dari sebuah pohon kurma htmlCacheMirip26 Jan 2015 Suatu ketika Abdullah bin Umar r a bercerita perilah Rasulullah s a w Saat itu Rasul memberikan pertanyaan kepada para Sahabatnya,  Filosofi Pohon Kurma | Menjernihkan Masailhamkamba blogspot 2016 05 filosofi pohon kurma htmlCache2 Mei 2016 Filosofi Pohon Kurma Hidup di gurun pasir yang gersang, batang menjulang tinggi kelangit, pelepah dan daun yang lebat memberikan 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, DKI Jakarta, Papua Barat

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah filosofi pohon kurma di Tapanuli Tengah, Kutai Timur, Lampung Barat, Bintan, Tanjungbalai, Lampung Barat, Tapanuli Utara, Pasaman Barat, Merangin, Bengkulu Selatan, Jembrana, Kab. Sintang, Kab. Situbondo, Sawahlunto,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | filosofi pohon kurma di Kec. Tugu, Kec. Tambora, Kec. Kandangan, Kec. Maja, Kec. Sampaga Hulu, Kec. Kuala Batee, Kec. Puding Besar, Kec. Pusakanagara, Kec. Tanjung Karang Barat, Kec. Pulau-Pulau Batu, Kec. Panteraja, Kec. Parigi, Kec. Panji, Kec. Woyla, Kec. Kawali, Kec. Kota Bogor Timur, Kec. Ngamprah, Kec. Pabuaran, Kec. Wonoasih, Kec. Jangkar

 

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adl pohon palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Wlpn tmpt asalnya tdk diketahui krn tlh sjk lama dibddykn, kemungkinan tanaman ini berasal dr tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dg tinggi sktr 15-25 m, tmbh scr tunggal atau mmbntk rumpun pd sejumlah batang dr sebuah sstm akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dg duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dr 6-10 meter.

Etimologi

Nm jenis dactylifera "date-bearing" berasal dr Yunani kunodáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dr kata kerja Latinferō, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma

Kurma telah mnjd makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan thn lamanya. Tumbuhan Kurma diykn berasal dr sktr Teluk Persia dan telah dibudidayakan sjk zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bgn Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman slnjtnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara AfrikaSpanyol & Italia. Kurma diprknlkn di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd tahun 1765.

Buah

Buah yang dihslkn oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan pnjng 3-7 cm , berdiameter 2-3 centimeter  danketika masih muda wrnnya merah cerah ke kuning terang, trgntng dari jnsnya. Kurma mempunyai biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 centimeter  & tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kndngn glukosafruktosa & sukrosa


Tanaman kurma mrpkn pohon varietas dioecious, yaitu mempunyai tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka bisa tmbh dengan mdh dr bakal bj, ttp hny 50% tumbuhan betina yang ditanam scr pembibitan akan berbuah, & menghasilkan buah yang kecil serta berkualitas rendah. Sebagian besar perkebunan mnggnkn perkembangbiakan stek pada pohon, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yang banyak serta buah yang manis & besar. Tumbuhan yang tmbh dari cara stek akan berbuah 2-3 thn lbh awal drpd tumbuhan yang menggunakan bibit.

Pembuahan dg serbuk sari pd tumbuhan kurma dilakukan secara alami oleh angin tetapi pd perkebunan oasis tradisional dan perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pada tanaman jantan & betina, bisa trjd dengan jumlah yang sama antr kedua pohon. Nmn, bila dilakukan dg bantuan, satu tumbuhan jantan bisa menyerbuki hngg 100 tumbuhan betina. Pohon jantan yang mrpkn sebagai penyerbuk, memungkinkan para petani mnggnkn smbr daya mereka untuk memproduksi lebih bnyk buah pd tumbuhan betina.

Beberapa petani bhkn tidak memelihara tumbuhan jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Pnyrbkn manual dikerjakan oleh pekerja trmpl dg menggunakan bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pkrj memanjat pohon dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dmn alat trsbt mengitari batang pohon & pendaki membuatnya tetap mlkt pada bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari bisa diterbangkan ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dbg menjadi empat glngn, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar bisa mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg trkndng dlm kurma relatif sedikit & hal ini tdk menjadikannya jauh lbh pekat pada saat proses pngrngn berlangsung, meskipun vitamin C-nya akanhlng.

Kurma mrpkn tumbuhan tradisional yg pntng di TurkiIraqArabAfrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl makanan tradisional yang utama untk berbuka puasa pd saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat padabgn selatanCaliforniaArizona & bgn selatan Florida.

Tumbuhan kurma bisa berbuah stlh ditanam selama 4 sampai 7 thn dan bisa dipanen ktk tlh berusia 7 smp 10 tahun. Tumbuhan kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dr cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma

Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmondkenari, manisan jeruk dan kulit lemontahinimarzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untk puding) diMarokoka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh untakuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pd saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untuk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adl sumber yang sngt baik untuk diet kalium. Kndngn gula pd kurma yg telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dari proteinserat, dan elemen trmsk boronkobalttembagafluormagnesiummanganselenium, & seng.[5]

Di India dan PakistanAfrika UtaraGhana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untk diambil getah manisnya, yg dikonversi menjadi gula kelapa (yg diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dari pnydpn tumbuhan palma diknl sbg lāgbÄ«. Jika dibiarkan untuk jangka waktu yg cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lāgbÄ« dengan mudah bisa menjadi mnmn beralkohol. Keterampilan khusus diperlukan pd saat penyadapan pohon palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada termasuk UNESCO dilindungi Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disjkn trbngks pd daging babi asap dan shallow goreng.

Itu jg dignkn untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma

Bj kurma tersebut direndam dr bawah ke atas untuk dijdkn pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dlm bntk sabun & kosmetik. Mereka juga bisa diolah scr kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untk membuat arang oleh pandai perak dan bisa dirngk mnjd kalung. Biji kurma jg tanah & digunakan pd olahan bj kopi atau sbg bahan tambahan untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat dgnkn sbg sapu. Di Pakistanviskossirup kental yg terbuat dr buah yang masak dgnkn sbg pelapis untk tas kulit & pipa untuk mencegah kebocoran.

Getah pohon kurma dapat dgnkn untuk membuat sirup &brbg produk bisa dimkn berasal dr sirup.

Daun pohon kurma digunakan untuk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat menjadi tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yang diolah dapat dgnkn sbg isolasi kardus. Tangkai daun kering yg merupakan sumber ampas selulosa bisa dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yang brhrg mnglrkn aroma srt seratnya jg dapat dgnkn sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sbg lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma digunakan untk tiang & langit-langit pd pondok, karena lebih ringan dr kelapa & tdk bgt thn lama. Kayu jg digunakan untuk konstruksi seperti jembatan & saluran air, dan bagian dr dhows. Sisa kayunya dibkr sebagai bhn bakar.

Dmn tradisi krjnn msh brkmbng, seperti di Omantumbuhan palem adalah yg paling srb guna dari semua pohon asli, dan hmpr setiap bgn dr tanaman digunakan untuk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali dan keranjang untk sarang, perahunelayan, dan tempat tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan

Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi dan secara medis dgnkn sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) dan astringent pd usus yang brmslh.[butuh rujukan] Kurma dapat diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, mrngkn demam & sjmlh keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mengatakan bhw kurma dapat mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji jg digunakan dlm beberapa obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, digunakan untk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigiSerbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estroneestrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pada tikus muda.

 

2019-03-15 11:04:06 * 2019-03-15 10:33:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | filosofi pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | filosofi pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit