Kurma (pohon) | ciri pohon kurma betina

Kurma (pohon) | ciri pohon kurma betina



CIRI CIRI KURMA BETINA YouTubeâ–º 2:09 youtube watch?v=X4Vv2 T_3Eo12 Mar 2018 2 menit Diupload oleh tani bibitmengenali antara jantan dan betina pohon kurma CIRI CIRI KURMA BETINA tani cara membedakan pohon kurma jantan dan betina â€" waras farm warasfarm wordpress cara membedakan pohon kurma jantan dan betina CacheMirip15 Feb 2017 female flower Perbedaan pohon kurma jantan dan betina, ciri ciri korma betina, ciri ciri kurma betina, ciri ciri korma jantan,ciri ciri kurma jantan,  Ini dia, 2 Cara Mudah Untuk Membedakan Tanaman Buah Kurma jualbenihmurah ternyata gampang 2 cara mudah untuk membedakan tanaman buah kurma jantan dengan tanaman buah ku Cache28 Des 2017 Meski tidak menghasilkan buah, pohon kurma jantan bisa Ciri ciri umum yang dimiliki pohon kurma betina adalah dengan warna bunga  Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya | Bibit bibitbuahku cara membedakan kurma jantan dan betinaCache7 Jul 2018 Anakan kurma yang dari pohon betina lah yang dipastikan bibit berjenis kelamin betina Karena ternyata ciri bunga kurma jantan dan betina Cara Membedakan Pohon Kurma Jantan dan Betina, WAJIB BACA wajibbaca cara membedakan pohon kurma jantan dan betina htmlCache15 Ags 2018 Pohon kurma merupakan tanaman jenis dioecious, yaitu terdiri dari juga memiliki ciri khas dengan kulit mancung lebih lunak dari betina Ciri Kurma Jantan dan Fungsinya Kampung Kurma izlog org ciri kurma jantan dan fungsinya Cache18 Apr 2018 Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pohon kurma adalah tumbuhan yang memiliki kelamin, yakni jantan dan betina Meski demikian  Dicari Kurma Jantan | Majalah Pertanian Trubus Online trubus online co id dicari kurma jantan CacheMirip8 Ags 2016 Sahabatnya itu menanam 30 an pohon kurma betina sehingga memerlukan pejantan Pekebun itu hanya fokus mengumpulkan kurma betina  Gambar untuk Kurma (pohon) + ciri pohon kurma betinaBudidaya kurma Maros: Cara membedakan kurma jantan dan betinabukurmas farm blogspot cara membedakan kurma jantan dan betina htmlCacheMirip7 Des 2016 Adapun cara membedakan pohon kurma jantan dan betina antara lain 1 Dilihat dari Ciri selanjutnya dapat dilihat dari bunganya Bunga  Kurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripPohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah bakal biji, tetapi hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan akan berbuah, 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Papua, Papua Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Bali

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah ciri pohon kurma betina di Bau-Bau, Kutai Timur, Toraja Utara, Kab. Sumbawa Barat, Kab. Karanganyar, Toraja Utara, Kab. Kuningan, Kepulauan Sangihe, Kab. Semarang, Yogyakarta, Kab. Boyolali, Sorong, Bone, Kab. Temanggung,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | ciri pohon kurma betina di Kec. Mejayan, Kec. Cisolok, Kec. Tambangan, Kec. Air Putih, Kec. Herlang, Kec. Tukdana, Kec. Warurejo, Kec. Medan Amplas, Kec. Kencong, Kec. Parungpanjang, Kec. Meureubo, Kec. Lumbang, Kec. Sepatan Timur, Kec. Asembagus, Kec. Pulau Dullah Utara, Kec. Panti, Kec. Kaloran, Kec. Lembah Gumanti, Kec. Rambah Samo, Sukoharjo4

 

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adl tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya bisadimkn. Walaupun tempat asalnya tidak dikth krn tlh sejak lama dibudidayakan, kmngkn tumbuhan ini berasal dr tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sktr 15-25 m, tumbuh scr tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dr sebuah sstm akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 meter, dg duri pd tangkai daun, menyirip & memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan pnjng 30 cm dan lebar 2 cm . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 meter.

Etimologi

Nama jenis dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kunodáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dari kata kerja Latinferō, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma

Kurma telah mnjd makanan pokok di Timur Tengah slm ribuan tahun lamanya. Tanaman Kurma diykn berasal dari sekitar Teluk Persia & telah dibddykn sejak zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pd saat panen. Ada bkt arkeologi bddy kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bgn utara AfrikaSpanyol & Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah

Buah yg dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sbg buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 centimeter  &ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning trng, tergantung dari jnsnya. Kurma mempunyai bj tunggal yang ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 cm  dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga glngn utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini trgntng pada kndngn glukosafruktosa & sukrosa


Pohon kurma merupakan tumbuhan varietas dioecious, yaitu mempunyai pohon jantan dan betina yang hidup scr terpisah. Mereka bisa tmbh dg mudah dari bakal bj, ttp hny 50% tanaman betina yg ditanam secara pembibitan akan berbuah, & menghasilkan buah yg kecil serta berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn mnggnkn perkembangbiakan stek pada pohon, terutama pd kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yg bnyk serta buah yang manis dan besar. Tumbuhan yg tumbuh dr cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal daripada tumbuhan yg menggunakan bibit.

Pembuahan dengan serbuk sari pada tanaman kurma dilakukan secara alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pada pohon jantan & betina, dapat trjd dg jumlah yg sama antr kedua tumbuhan. Nmn, bila dilakukan dengan bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hngg 100 pohon betina. Pohon jantan yang merupakan sbg penyerbuk, mmngknkn para petani menggunakan sumber daya mereka untuk memproduksi lbh banyak buah pd tumbuhan betina.

Beberapa petani bhkn tidak memelihara pohon jantan, yg mana sbg bunga jantan, untk menyediakannya di pasar lokal pada saat waktu penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pkrj trmpl dengan menggunakan bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah seperti Irak, para pekerja mmnjt tumbuhan dengan menggunakan alat pemanjat khusus, dmn alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya ttp melekat pada bagasi saat mendaki. Jrng serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma matang dibagi mnjd empat glngn, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (masak, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 g kurma segar dapat mngndng sumber vitamin C[butuh rujukan] & energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dlm kurma relatif sedikit & hal ini tdk menjadikannya jauh lebih pekat pada saat proses pengeringan brlngsng, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma mrpkn tanaman tradisional yg penting di TurkiIraqArabAfrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adalah makanan tradisional yang utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) juga dibddykn di Amerika Serikat padabagian selatanCaliforniaArizona dan bagian selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah setelah ditnm slm 4 sampai 7 thn dan bisa dipanen ktk tlh berusia 7 sampai 10 thn. Pohon kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yg berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan & dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma

Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmondkenari, manisan jeruk & kulit lemontahinimarzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untk puding) diMarokoka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat dan produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh untakuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat pohon mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pd saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yang paling tersedia untk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting & manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yg sngt baik untk diet kalium. Kandungan gula pd kurma yang telah matang sekitar 80%; sisanya terdiri dari proteinserat, dan elemen termasuk boronkobalttembagafluormagnesiummanganselenium, & seng.[5]

Di India dan PakistanAfrika UtaraGhana, & Pantai Gading, pohon kurma disadap untk diambil getah manisnya, yg dikonversi mnjd gula kelapa (yg dikenal sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr penyadapan tanaman palma diknl sbg lāgbÄ«. Jika dibiarkan untk jangka waktu yg ckp lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lāgbÄ« dg mdh bisa menjadi minuman beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disjkn terbungkus pd daging babi asap & shallow goreng.

Itu juga digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma

Biji kurma trsbt direndam dr bwh ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk dgnkn dalam bentuk sabun dan kosmetik. Mereka jg bisa diolah scr kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibkr untuk membuat arang oleh pandai perak & dapat dirangkai menjadi kalung. Biji kurma juga tanah & digunakan pd olahan biji kopi atau sebagai bahan tmbhn untk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat digunakan sbg sapu. Di Pakistanviskossirup kental yang terbuat dari buah yg masak digunakan sebagai plps untuk tas kulit dan pipa untuk mencegah kebocoran.

Getah tanaman kurma bisa dgnkn untk membuat sirup danbrbg produk bisa dimakan berasal dari sirup.

Daun tumbuhan kurma digunakan untuk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untuk membuat pondok. Daun dewasa juga dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yg diolah dapat dgnkn sbg isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn smbr ampas selulosa bisa dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yg berharga mnglrkn aroma serta seratnya juga bisa digunakan sebagai tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya digunakan sbg lulav.

Kayu kayu tanaman kurma dgnkn untk tiang dan langit-langit pada pondok, karena lbh ringan dari kelapa dan tdk bgt thn lama. Kayu jg digunakan untuk konstruksi seperti jembatan dan saluran air, dan bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sebagai bhn bakar.

Dmn tradisi kerajinan msh berkembang, sprt di Omantanaman palem adl yang plng serba guna dari semua tanaman asli, dan hmpr setiap bagian dari pohon digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali & keranjang untk sarang, perahunelayan, dan tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan

Kurma memiliki kndngn tannin yg tinggi & secara medis dgnkn sbg deterjen (memiliki daya pembersihan) & astringent pada usus yg bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat diberikan untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mngtkn bhw kurma bisa mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk bj jg digunakan dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang tanaman, di India, digunakan untuk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigiSerbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estroneestrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pd tikus muda.

 

2019-03-19 3:07:07 * 2019-03-19 03:03:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | ciri pohon kurma betina adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | ciri pohon kurma betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit