Cabai | cabai unggul

Cabai | cabai unggul

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah & tanaman anggt genus Capsicum. Buahnya dpt diglngkn sbg sayuran mpn bumbu, tergantung bgmn dgnkn. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat popular di Asia Tenggara sbg penguat rasa mknn. Bg seni masakan Padang, cabai bhkn dianggp sebagai "bahan makanan pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn slh satu varietas sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yang tngg. Cabai mengandung brbg jenis senyawa yg brgn bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yg berfungsi untuk menjaga tbh dr serangan radikal bebas. Kndngn trsbr antioksidan ini adl pada cabai hijau. Cabai jg mngndng Lasparaginase & Capsaicin yg brprn sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yg bnyk dibudidayakan oleh petani di Indonesia krn memiliki harga jual yg tinggi [2]& mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang slh satunya adl zat capsaicin yang brfngs dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kndngn vitamin C yang cukup tngg pd cabai dpt memenuhi kebutuhan harian stp orang, nmn hrs dikonsumsi secukupnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan mrpkn tanaman yg mudah ditanam di dtrn rendah ataupun di dtrn tngg. Tanaman cabai banyak mengandung vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas & mmbrkn khngtn panas bila digunakan untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditnm dg mdh sehingga dapat dipakai untk kbthn sehari-hari tnp harus membelinya di pasar.

Tanaman cabai cocok ditanam pada tanah yg kaya humus, gembur & sarang, srt tdk tergenang air; pH tanah yang ideal sktr 5-6. Waktu tnm yang baik untk lhn kering adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat harga cabai yg tinggi, dapat juga [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diprbnyk mll biji yang ditanam dr pohon yang sehat serta bbs dr hama dan penyakit. Buah cabai yang telah diseleksi untk bibit dijmr hngg kering. Kalau panasnya ckp dlm lima hari telah krngkering kmdn br diambil bjnya: Untk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kilogram buah cabai (300-500 gr bj).

Permasalahan produksi

Slh satu gangguan utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adalah adanya srngn lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering mnybbkn ggl panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 mnnjkkn bhw krskn pd tanaman cabai di Indonesia dpt mncp 35%. Buah cabai yang terserang srng tampak sehat & utuh dr luar tetapi bila dilihat di dalamnya membusuk dan mengandung larva lalat. Penyebabnya trutm adalah lalat buahBactrocera carambolae. Karena gjl awlnya yg tak tmpk jls, sementara hama ini sbnrnnya msh trbts di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yang ditkt shngg dpt mnjd pnghmbt ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan slh satu hama penting pd bddy cabai krn dpt mnybbkn krskn hingga 80%. Upaya pngndlnnya bisa menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilakukan upaya untuk mengendalikan srngn lalat buah ini, di antrnya adl pembrongsongan yg bisa mncgh srngn lalat buah. Akan ttp, cara ini tidak praktis untuk dilakukan pd pohon cabai dlm areal yang luas. Sementara pnggnn insektisida selain mncmr lngkngn juga sngt brbhy bg knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pngnndln yang rmh lngkngn dan cck untk diterapkan di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Cara pengendalian lalat buah pd tumbuhan cabai, khususnya cabai merah, adl pngggnn insektisida sintetik krn dianggp praktis, mdh didapat, dan menunjukkan efek yang cepat. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-03-09 23:26:07 * 2019-03-09 22:41:01

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai unggul adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai unggul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit